Berita

Dalam Rangka Audit Syariah lembaga Pengelola Zakat Tahun 2023;Itjen Kemenag RI, Kunjungi Baznas

Senin, 10 Juli 2023 21:29 WIB
  • Share this on:

Kota Solok, Humas --- Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Solok, H. Mustafa didampingi Penyelenggara Zakat dan Wakaf, Oma Fahmi menerima kedatangan Tim Auditor Syariah dari Itjen Kemenag RI, untuk melakukan Entri meeting bersama BAZNAS Kota Solok bertempat di aula Kesbang Pol Kantor Balaikota Solok. Senin (10/07).

 

Kedatangan Tim Auditor juga disambut langsung Wakil Walikota Solok, Dr. Ramadhani Kirana Putra, Asisten I Pemda Kota solok, Nova Elfino, Ketua KAN, Ketua Baznas beserta pengurus. Sementara dari Kanwil Provinis Sumatera Barat di hadiri Kabid Penais Zawa diwakili Ketua Tim Kerja Zakat dan Wakaf, H. Al. Fajri.

 

Tim Auditor yang diketuai Feriantin Erlina Indrawati, Pengendali Teknis, Usup Rahman Hakim dan Anggota,  Eka Widyaningtias. Tujuan Kedatangan Tim Auditor dalam rangka melaksanakan kegiatan Audit Syariah Lembaga Pengelola Zakat Tahun 2023 di Kota solok.

 

Audit syariah merupakan salah satu cara untuk menjaga dan memastikan integritas Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dalam menjalankan prinsip syariah, Tujuan dari audit syariah adalah untuk memastikan kepatuhan seluruh operasional Baznas terhadap prinsip dan aturan syariah.

 

Menurut Usup Rahman Hakim pengendali teknis auditor,  ada 4 hal yang akan di audit oleh Tim Auditor, yaitu Manajerial tata kelola, Penerimaan Zakat,  Penyaluran Dana, terkait dengan kinerja yang dilakukan Baznas dan Transparasi sangat dibutuhkan dalam menumbuhkan kepercayaan masyarakat.

 

“Audit syariah merupakan amanat dari Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat,”sampai Usup

 

Sementara  Wakil Walikota Solok, Dr. H. Ramadhani Kirana Putra, menyampaikan semua potensi yang ada di Kota Solok termasuk Baznas. Kerjasama Pemda Kota Solok dengan Baznas dalam bidang Pendidikan dengan adanya program Baznas untuk anak-anak berprestasi ke Timur Tengah, Kairo, Al Azar.

 

“Dengan adanya audit ini, merupakan momentum evaluasi Pemda dan Baznas untuk lebih baik lagi, kami senang dan bahagia dengan audit ini sebab bisa  membantu Baznas untuk lebih maju lagi,”ujarnya.

 

 “Kementerian Agama Kota Solok, sangat mendukung semua kegiatan yang dilaksanakan Baznas dan akan selalu bersinergi dengan Baznas dibawah arahan Walikota  Solok, sehingga Baznas makin bermanfaat dalam mensejahterakan masyarakat Kota Solok,”ungkap H. Mustafa.

 

Audit akan dillakukan selama seminggu mulai hari Rabu, 10 Juli hingga 15 Juli 2023. (helda)

Editor:
Atris heldayanti
Kontributor:
Atris heldayanti
Penulis:
Atris Helda
Fotografer:
Atris Helda

Kalender

Mei 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -