Berita

Hari Pertama Pelaksanaan Matsama di MTsN Kota Solok

Senin, 10 Juli 2023 21:24 WIB
  • Share this on:

Kota Solok, Humas --- Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Solok, H. Mustafa di dampingi Kasi Pendidikan Madrasah, Muhibut Tibri, menjadi Pembina Upacara dalam kegiatan Masa Ta’ aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) pada MTsN Kota Solok. Senin (10/07).

 

Masa Ta’aruf siswa Madrasah merupakan masa orientasi atau kegiatan pertama masuk sekolah dalam pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal budaya kekhasan madrasah.

 

Matsama dilaksanakan mulai dari tingkat Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA). Matsama termasuk kegiatan transisi agar siswa benar-benar secara mental siap mengikuti proses pembelajaran di lingkungan belajar yang baru.

 

Madrasah Tsanawiyah Negri Kota Solok, menerima peserta didik Tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 307 orang. Ketua Panitia Matsama Drs. Syefrizal.

 

Dalam sambutannya H. Mustafa menyampaikan beberapa hal yaitu, materi yang akan dilaksanakan dalam masa Ta’aruf, pertama, kemadrasahan (pengenalan lingkungan dan budaya madrasah), kedua, Moderasi beragama, Ketiga, Nilai-nilai madrasah, keempat, budaya dan kebiasaan kehidupan di madrasah.

 

“Laksanakan MATSAMA dengan sebaik-baiknya, sehingga anak mampu beradaptasi dengan lingkungan madrasah, selalu ikuti juknis kegiatan,”urainya

 

"Saya ucapkan terima kasih kepada ustad dan ustazah, pengurus OSIM, dan semua pihak yang telah menyukseskan kegiatan matsama ini, karena matsama ini merupakan tahap awal pengenalan lingkungan madrasah bagi peserta didik baru." ungkap H. Mustafa

 

Kegiatan Matsama dilaksanakan selama tiga hari pada minggu pertama awal tahun pelajaran. Waktu pelaksanaan pada hari sekolah pada jam pelajaran dan dilaksanakan di lingkungan Madrasah.

 

Diakhir pembukaan Matsama, Kepala Kantor Kemenag dan Kasi Pendidikan Madrasah memasangkan secara simbolis Kokarde kepada dua orang siswa madrasah. (helda)

Editor:
Atris heldayanti

Kalender

Mei 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -